Teknik Pernafasan

Teknik Pernafasan

Teknik pernafasan Ada beberapa jenis antara lain sebagai berikut :

  • 1.Teknik Pernafasan Perut
  • Tekniknya tarik nafas lewat hidung, perut ikut mengembang…buang halus lewat hidung
    sambil perut dikempiskan sekempis-kempisnya. Agak ditekan sedikit ke dalam.
    tidak perlu menahan nafas,karena antara tarikan dan buang nafas ada jeda kirang
    lebih satu detik. Sikap tubuh dan pikiran harus selalu rileks, tidak perlu konsentrasi berlebihan, cukup pindahkan perhatian pikiran ke perut. Posisinya bisa duduk atau bersila.Sebisa mungkin jangan bersandar.
    Lakukan minimal sepuluh menit. Kalau dasarnya sudah kuat akan timbul aliran hawa hangat di perut. Jika dilakukan terus akan
    terbentuk atmosfir udara di sekeliling tubuh sehingga menimbulkan perasaan sejuk lalu Bahkan menjadi dingin.
  • 2.Tekhnik Pernafasan Dada

  • Tarik nafas lewat hidung, dada yang mengembang/naik. Usahakan posisi perut tetap rata, sehingga udara tidak terlalu banyak masuk ke perut. Tahan senyaman mungkin. Idealnya minimal 3 detik. Semakin
    lama semakin bagus, namun yang terpenting adalah disesuaikan dengan kesanggupan masing-masing, jika merasa mulia terasa
    nyaman pertahankan kondisi ini beberapa saat lamanya. Lalu hembuskan lagi secara
    halus lewat hidung. Jika ini dilakukan maka dada ikut mengempis.Usahakan semua otot tubuh rileks.Cukup pindahkan perhatian pikiran ke dada. Lakukan minimal 10 menit juga. Kalau ada rasa hangat di dada pertahankan fokus perhatian ke rasa hangat tersebut.

  • 3.Tehnik PerNafasan Diafragma
  • Tarik nafas lewat hidung, dan usahakan dada dan juga perut bersamaan ikut mengembang. Pindahkan fokus perhatian ke ulu hati. Biasanya ada sedikit terasa tekanan di daerah ulu hati. Tahan senyaman mungkin, lalu hembuskan nafas secara halus lewat mulut sambil mengempiskan dada dan perut. Tetaplah rileks…Lakukan minimal 10 menit juga.Tata Urutan latihan harus seperti diatas, nafas perut, lalu pindah ke nafas dada, lalu
    langsung pindah ke nafas diafragma. Usahan perpindahan antara tiap nafas secara perlahan-lahan selembut mungkin, Lakukan
    terus menerus tanpa terputus. Selanjutnya lakukan lagi tehnik pernafasan perut dengan sikap tetap rilex dan sesantai mungkin, fokuskan perhatian ke area solar plexus (antara pusar dan perut bagian bawah).
  • Lakukan sampai terasa hawa hangat di area ini, kalau terasa teruskan pernafasan perut
    ini minimal 5 menit lagi. Kalau tidak terasa hawa hangat, cukup lakukan pernafasan perut sampai suhu tubuh normal atau hawa disekeliling menjadi sejuk.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s